Rabu, 12 Juni 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kurikulum 2013 mapel FIKIH Madrasah Aliyah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah              : MA DIPONEGORO
Mata pelajaran       : Fikih
Kelas/Semester      : X/Genap
Materi Pokok          : Wakaf, hibah, shodaqoh dan Hadiah
Alokasi Waktu      : 2 jp
 




A.    KOMPETENSI INTI :
1.       Kompetensi Inti (KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Kompetensi Inti (KI 2):
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro aktif dan menunnjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif denga lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.       Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami, menerapkan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkanpengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Kompetensi Inti (KI 4):
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yan dipelajarinya disekolah secara meandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
Indikator


2.3 Membiasakan sikap peduli melalui materi wakaf,hibah, sedekah, dan hadiah
3.3 Memahami ketentuan Islam tentang wakaf,hibah, sedekah dan hadiah

3.3.1 menjelaskan pengertian Wakaf
3.3.2 menjelaskan pengertian Hibah
3.3.3 menjelaskan pengertian shodaqoh
3.3.4 menjelaskan pengertian hadiah


4.3 Mempraktikkan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

4.3.1 mempraktekan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah




C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Melalui pemberian uswah, peserta didik dapat menunjukkan keyakinan aturan Allah tentang Hibah, wakaf, shodaqoh dan hadiah  dengan baik dan benar
2.       Melalui proses tanya jawab dan cemarah, peserta didik dapat/mampu menjelaskan pengertian Hibah, wakaf, shodaqoh dan hadiah dengan berani, baik, dan benar,
3.       Melalui inkuiri peserta didik dapat/mampu menjelaskan syarat dan rukun wakaf, hibah, sedekah dan dan hadiah dengan baik dan percaya diri
4.       Melalui presentasi peserta didik dapat mempraktekan cara wakaf, hibah, sedekah dan hadiah dengan percaya diri, baik dan benar
D.   MATERI PEMBELAJARAN
1.       pengertian wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
2.       syarat-syarat dan rukun wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
3.       hikmah wakaf, hibah, sedekah dan hadiah

E.    METODE PEMBELAJARAN
Uswah/contoh/modelling, tanya jawab dan cemarah, diskusi
F.     MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media: laptop, LCD,papan tulis
2.       Alat/Bahan: kertas karton, spidol
3.       Sumber Pembelajaran: buku fikih klas x, Al-Qur’an terjemah, internet, kitab fakhul qorib, LKS, lingkungan alam sekitar
G.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Guru mengucapkan salam dan meminta salahsatu oeserta didik memimpin doa
·      Guru memperkenalkan diri dilanjutkan dengan mengenal peserta didik melalui absensi
·      Guru mempersiapkan fisik dan psikis pesetta didik melalui senam otak
·      Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan di capai
·      Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksnakan
·      Guru membentuk kelompok diskusi
b.       Kegiatan Inti (70 menit) kata kerja pada saintifik, lihat di file power point dengan kode 2.1.2:
·      Mengamati
Ø Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
Ø Peserta didik mengamati tayangan slide tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
Ø Peserta didik membaca buku tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
·      Menanya
Ø Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang pengertian wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang slide yang belum dipahami tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
·      Eksplorasi/eksperimen
Ø Masing-masing kelompok berdiskusi tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
Ø Masing-masing kelompok menggali pengertian wakaf, hibah, sedekah dan hadiah pada internet/buku sumber lain
·      Mengasosiasi
Ø Peserta didik melalui kelompoknya merumuskan pengertian wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
Ø Peserta didik melalui kelompoknya membuat peta konsep tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
·      Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing kelompok secara bergantian memaparkan mind mapping di depan kelas
Ø Secara bergantian, masing-masing kelompok mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinya tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
c.       Penutup (10 menit):
Ø Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Ø Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
H.   PENILAIAN

a. Tes Tulis bentuk uraian
    1. jelaskan pengertian wakaf
    2. jelaskan pengertian hibah
    3. jelaskan pengertian sedekah
    4. jelaskan pengertian hadiah
    5. Sebutkan syarat dan rukun wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
    Kunci jawaban:
1.    Wakaf  adalah ...
2.    Hibah adalah ...
3.    Sedekah adalah ...
4.    Hadiah adalah ...
5.    Syarat dan rukun

Penskoran:
Skor 5 jika jawaban benar
Skor 3 jika jawaban kurang benar
Skor 1 jika jawaban tidak benar/tidak menjawab

          Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 4
         Skor maksimal



b. Instrumen unjuk kerja menyajikan materi versi ke-1:
No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Kebenaran konsep
Keberanian
Bahasa
Kelancaran






























Penskoran:
Skor 4 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran SANGAT BAIK
Skor 3 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran BAIK
Skor 2 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran CUKUP BAIK
Skor 1 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran KURANG BAIK

           Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 4
                                Skor maksimal

Instrumen performance menyajikan konsep versi ke 2:
Nama peserta didik:
Aspek yang dinilai
Skor
4
3
2
1
Kebenaran konsep
Jika konsepnya benar dan sesuai dengan yang ada pada buku pelajaran
Jika konsepnya benar tetapi kurang dari buku pelajaran
Jika konsepnya kurang benar
Jika konsepnya tidak benar
Keberanian
Jika tanpa ditunjuk sudah berani tampil
Jika ditunjuk baru berani tampil
Jika dipaksa baru berani tampil
Jika tidak berani tampil
Bahasa
Jika bahasanya komunikatif, mudah dipahami serta santun peyampaiannya
Jika bahasanya komunikatif, mudah dipahami tapi kurang santun
Jika bahasanya kurang komunikatif, sulit mudah dipahami dan kurang santun
Jika bahasanya tidak komunikatif, sulit dipahami, dan tidak santun
Kelancaran
Jika penyampaiannya sangat lancar
Jika penyampaiannya  lancar
Jika penyampaiannya kurang  lancar
Jika penyampaiannya tidak lancar

            Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 4
           Skor maksimal

Mengetahui,                                                                                                Bangilan, ……………….
Kepala MA ASSALAM                                                                                               Guru Mapel


H. Yunan Jauhar, S.Pd., M.Pd.I                                                                           ................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata dan Profil Danu Sabilu Taubah, Rekan Gus Iqdam Lengkap Nama Asli, Umur, Pendidikan, Pekerjaan

  Biodata dan Profil Danu Sabilu Taubah, Rekan Gus Iqdam Lengkap Nama Asli, Umur, Pendidikan, Pekerjaan Bagi masyarakat yang menyukai dan ...