Selasa, 20 Maret 2018

Jaringan Pendidikan (Jardik-Ash Shofwah) : Upaya Riil Penjaminan Kualitas Pendidikan Ash Shofwah


Jaringan Pendidikan (Jardik-Ash Shofwah) :
Upaya Riil Penjaminan Kualitas Pendidikan Ash Shofwah
Drs. Soehardjoepri, M.Si


PENDAHULUAN

Prof. DR. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani merupakan Guru Besar ar-Robbani yang telah sukses mendidik para santri beliau menjadi kader-kader dakwah yang selalu eksis dalam mengusung nilai-nilai akidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah, sebagai landasan idiologis-teologis dalam beragama. Perhatian Abuya al-Maliki kepada para santrinya tidak hanya berlangsung di saat mereka berada di pangkuan majelisnya semata, tetapi sampai mereka kembali ke negerinya sekalipun beliau masih selalu memantau, membimbing, dan menegur meskipun mereka berada di medan dakwah yang jauh. Seringkali Abuya al-Maliki menanyakan ihkwal kiprah dakwah para santrinya di tengah-tengah masyarakat. Beliau juga menanyakan sumbangsih mereka kepada umat.
Disadari atau tidak, lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah bimbingan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, memiliki tanggung jawab secara ilmiah untuk mampu menerjemahkan pemahaman-pemahaman serta manhaj sang Maha Guru. Karena bagaimanapun juga, pemikiran-pemikiran Abuya yang telah tertuang dalam beberapa karya beliau saat ini kian menemukan relevansinya. Menjamurnya gerakan Salafi-Wahabi serta aliran sempalan lain menuntut kita untuk semakin intensif mengkaji kitab-kitab referensial, semisal karya-karya Abuya tersebut.
Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah belum terserapnya pemikiran Abuya secara merata kepada para santri pesantren atau lembaga yang berada di bawah Isyrof Abuya. Hal ini dapat disaksikan dengan begitu leluasanya gerakan dan paham Salafi-Wahabi dan aliran sempalan lainnya masuk ke kampung-kampung tanpa ada perlawanan yang berarti secara argumentatif. Padahal hampir bisa dipastikan, bahwa di daerah-daerah tersebut ada santri atau alumni dari lembaga milik Abna Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki.
Sosok Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki adalah figur seorang ulama yang memiliki integritas keilmuan yang komprehensif. Pemikiran-pemikiran beliau menjadi referensi ilmiah di lembaga-lembaga ilmu pengetahuan, mulai dari majlis taklim, ma’had, lembaga diniyah, perguruan tinggi, bahkan di forum-forum ilmiah lainnya. Teramat disayangkan apabila pemikiran-pemikiran beliau tidak tersalurkan secara merata kepada generasi muda Muslim. Maka menjadi tanggung jawab kita bersama (para alumni Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki) yang telah menimba ilmu secara langsung kepada beliau agar mampu mentransfer pemikiran beliau kepada anak didik dan generasi Muslim secara merata dengan standar pencapaian kompetensi yang ideal.
Untuk mendukung dan merealisasikan itu semua diperlukan adanya Jardik (Jaringan Pendidikan)-Ash Shofwah. Jardik-Ash Shofwah merupakan salah satu program strategis pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  untuk dunia Pendidikan di Kalangan Ash Shofwah seluruh Indonesia. Melalui infrastruktur jaringan online Jardik-Ash Shofwah diharapkan dapat mempercepat pengembangan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada program Pendidikan Ash Shofwah untuk kemajuan Pendidikan dikalangan Ash Shofwah saat ini dan di masa depan.
Secara umum pada Jardik-Ash Shofwah dibagi menjadi 3 (tiga) zona jaringan, yaitu: Zona Hai’ah Ash Shofwah, Zona Sekolah dan Zona Personal. Pembagian zona didasarkan pada kondisi geografis, ketersediaan teknologi, skala kebutuhan, fungsi dan manfaat program Jardik-Ash Shofwah untuk setiap institusi dan komunitas pendidikan.
Zona Hai’ah Ash Shofwah
Meliputi: Kantor Pusat, Pondok pesantren (Kabupaten/Kodya). Fungsi utama Jardik-As Shofwah pada zona Hai’ah As Shofwah sebagai media untuk transaksi data online sistem informasi administrasi dan manajemen pendidikan.

Zona Sekolah
Meliputi: seluruh sekolah formal maupun non formal di seluruh jamaah As Shofwah seluruh jenjang (TK, SD, SLTP, SLTA). Fungsi utama Jardik- As Shofwah pada zona Sekolah sebagai media akses informasi dan pengetahuan serta pembelajaran elektronik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Zona Personal
Meliputi: akses personal untuk Ustad/Ustadah/Guru/ Dosen, Karyawan dan Siswa  di institusi pendidikan As Shofwah se-Indonesia. Fungsi utama Jardik- As Shofwah pada zona Personal sebagai media komunikasi dan akses informasi pendidikan.

 

Tujuan Jardik-Ash Shofwah

Tujuan pengembangan Jardik-Ash Shofwah adalah sebagai media informasi dan komunikasi online antar institusi dan komunitas pendidikan di kalangan Ash Shofwah se-Indonesia dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan akses, transparasi, akuntabilitas dan penjaminan kualitas pendidikan.

 

Visi Jardik-Ash Shofwah


“Terdepan dalam pengembangan infrastruktur jaringan online
untuk kemajuan dunia pendidikan”

Misi Jardik-Ash Shofwah

  • Sebagai infrastruktur pendukung utama program peningkatan mutu, pemerataan akses, transparasi, akuntabilitas dan penjaminan kualitas pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  • Sebagai media pendukung utama proses komunikasi dan informasi yang terpadu antar institusi dan komunitas pendidikan di kalangan Ash Shofwah se-Indonesia.
  • Sebagai infrastruktur pendukung utama program pengembangan Sistem Informasi Administrasi Pendidikan Ash Shofwah (e-Administrasi pendidikan) dan pengembangan pembelajaran berbasis elektronik (e-Learning) yang terpadu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata dan Profil Danu Sabilu Taubah, Rekan Gus Iqdam Lengkap Nama Asli, Umur, Pendidikan, Pekerjaan

  Biodata dan Profil Danu Sabilu Taubah, Rekan Gus Iqdam Lengkap Nama Asli, Umur, Pendidikan, Pekerjaan Bagi masyarakat yang menyukai dan ...