RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN 3 JATIPRAHU
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VI / 2
Pembelajaran 6 :
Indahnya Saling Membantu
Materi Pokok : Ayo Membaca Surat al-Ma’un
Alokasi Waktu :
1 x 4 Jam Pelajaran
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
§ Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
tartil.
§ Memiliki sikap toleran dan
simpati kepada sesama sebagai implementasidari pemahaman isi kandungan Q.S.
al-Ma’idah/5:2.
§ Mengetahui makna Q.S.
al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
§ Membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2
dengan jelas dan benar.
§ Menulis Q.S. al-Ma’idah/5:2
dengan benar.
§ Menyebutkan arti Q.S.
al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
§ Mencontohkan perilaku toleran dan
simpati sebagai implementasi daripemahaman Q.S. al-Ma’idah/5:2.
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No. |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
1. |
Pendahuluan § Mengucapkan salam dan berdo’a bersama; § Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat
dudukdisesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; Menyapa peserta didik;
dan §
Menyampaikan tujuan
pembelajaran. |
20 menit |
2. |
Kegiatan Inti Mengamati § Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama. § Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Menanya § Guru menunjuk beberapa peserta didik sebagai model
untukmembaca Q.S. al-Ma’idah/5:2. § Guru memberikan penguatan dengan memberikan
contohmembaca Q.S. al-Ma’idah/5:2 yang benar. Mengeksplorasi § Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.
Setiap kelompok diminta untuk membaca penggalan Q.S. al-Ma’idah/5: § Peserta didik secara kelompok mencermati dan
mendiskusikan artipenggalan Q.S. al-Ma’idah/5:2 tersebut. Mengasosiasi § Peserta didik secara berkelompok diberikan tugas untuk
berdiskusitentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S.
al-Ma’idah/5:2. § Secara bergantian masing-masing
kelompokmempresentasikanhasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak
danmemberikan tanggapan. Mengkomunikasikan § Setelah selesai berdiskusi dan mengerjakan soal, setiap
kelompokmempresentasikan di muka kelas. |
100 menit |
3. |
Penutup § Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru. § Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. § Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya. § Menutup pelajaran dengan
berdo’a dan salam. |
20 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui
S U K A J I, S.Pd | ………….., Januari 2021
AGUS RIYANTO, S.PD |
FILE LENGKAP BERUPA RAR BISA DI DOWNLOAD DISINI
PASWORD ADA DI CHANEL YOUTUBE PASOPATI SC DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar