Soal & Kunci Penilaian Awal Lesson 5 Seri Semangat Guru
1. Pembelajaran campuran adalah campuran antara…..
- Daring dan luring
- Tatap muka dan jarak jauh
- Ceramah dan tanya jawab
- Sinkron dan asinkron
2. Pembelajaran campuran merupakan terobosan pada bidang:
a.
Teknologi canggih
- Teknologi & pedagogi
- Pendidikan dasar
- Teknologi & informasi
3. Dampak pembelajaran campuran terhadap guru adalah:
- Perubahan peran guru
- Penghapusan peran guru
- Tidak ada dampak apa pun
- Guru digantikan teknologi
4. Pembelajaran campuran mempunyai 4 ciri yaitu:
- Teknologi, pedagogi, informasi,
rekreasi
- Pedagogi, teknologi, tatap muka,
jarak jauh
- Tatap muka, jarak jauh, tata
ruang, tata informasi
- Sinkron, asinkron,
integrasi, merdeka belajar
5. Pembelajaran campuran menjadi solusi pada masa pandemi COVID-19
karena:
- Penggunaan teknologi
pembelajaran yang canggih
- Berpotensi mengoptimalkan proses
pembelajaran
- Fleksibel menyesuaikan
tantangan masa pandemi
- Membantu guru menggunakan
teknologi
6. Ciri utama dari pembelajaran sinkron adalah:
- Kehadiran murid dan guru
secara bersamaan
- Memastikan guru dan murid hadir
tatap muka
- Penggunaan teknologi yang
minimal mungkin
- Penggunaan ruang kelas secara
optimal
7. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran sinkron adalah:
- Penguasaan Materi
- Tugas Kontekstual
- Proyek Kolaborasi
- Pemberian Umpan Balik
8. Kelebihan pembelajaran sinkron adalah
- Fleksibilitas jadwal. Murid bisa
mengatur jadwal belajarnya secara mandiri.
- Antusiasme belajar. Guru
bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
- Tempo tergantung murid. Murid
bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
- Umpan balik instan. Murid bisa
mendapatkan umpan balik secara instan, tidak menunggu respon guru.
9. Kelemahan pembelajaran sinkron adalah
-
Perasaan terisolasi. Murid berpotensi merasa sendirian dan terasing dari
lingkungan sekitar.
- Tempo tergantung guru.
Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
- Penurunan antusiasme. Murid
mungkin mengalami kehilangan semangat belajar.
- Kualitas bahan ajar.
Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
10. Guru Agus ingin memahami
kebutuhan belajar murid melalui interaksi dengan para muridnya. Apa
pembelajaran yang paling tepat untuk guru Agus?
- Sinkron daring
- Asinkron daring
- Asinkron luring
- Sinkron luring
11. Ciri utama pembelajaran asinkron adalah
- Memastikan guru dan murid
menggunakan teknologi
- Penggunaan teknologi secara
optimal untuk pembelajaran
- Interaksi antara guru dan murid
yang manusiawi
- Murid belajar mandiri
tanpa tergantung kehadiran guru
12. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran asinkron adalah:
- Praktik
- Diskusi kelompok
- Umpan Balik
- Tugas Kontekstual
13. Kelebihan pembelajaran asinkron adalah
- Aktivitas belajar interaktif.
Guru bisa melakukan komunikasi interaktif dengan murid.
- Antusiasme belajar. Guru bisa
menumbuhkan antusiasme belajar murid.
- Umpan balik sesuai kebutuhan.
Guru bisa melakukan personalisasi umpan balik sesuai kompetensi murid.
- Tempo tergantung murid.
Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
14. Kelemahan pembelajaran asinkron adalah
- Kualitas bahan ajar.
Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
- Jadwal yang kaku. Satu jadwal
yang sama untuk semua murid.
- Tempo tergantung guru. Tempo
pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
- Kehadiran dan kualitas guru.
Ketergantungan pada kehadiran dan kualitas guru.
15. Guru Dila ingin muridnya
belajar mandiri dengan mengenali dan menyelesaikan persoalan di sekitar pasar
dekat sekolah mereka. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Dila?
- Sinkron daring
- Asinkron daring
- Asinkron luring
- Sinkron luring
16. Dalam merancang pembelajaran campuran, berapa komposisi yang
tepat antara pembelajaran sinkron dan asinkron?
- Lebih efektif pembelajaran
sinkron lebih banyak
- Lebih efektif pembelajaran
sinkron lebih sedikit
- Lebih optimal pembelajaran
asinkron lebih sedikit
- Lebih optimal pembelajaran
sinkron lebih banyak
17. Apabila materi pelajaran bisa ditampilkan melalui infografik,
podcast atau video, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
- Sinkron
- Asinkron
- Campuran
- Terpadu
18. Apabila murid tidak bisa hadir pada waktu yang bersamaan maka
pembelajaran yang disarankan adalah:
- Sinkron
- Asinkron
- Campuran
- Terpadu
19. Apabila guru ingin memberikan umpan balik sesuai kebutuhan dan
kompetensi murid, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
- Sinkron
- Asinkron
- Campuran
- Terpadu
20. Apabila guru ingin membahas konsep yang kompleks maka
pembelajaran yang disarankan adalah:
- Sinkron
- Asinkron
- Campuran
- Terpadu
Demikian
informasi “Soal dan Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 5 Seri Semangat Guru”
Sumber
: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar