Soal dan Jawaban
Penilaian Tengah Pelajaran 5 Seri Semangat Guru
1. Pembelajaran campuran adalah
campuran antara
- Daring
dan luring
- Tatap
muka dan jarak jauh
- Ceramah
dan tanya jawab
- Sinkron
dan asinkron
2. Pembelajaran campuran merupakan
terobosan pada bidang:
- Teknologi
canggih
- Teknologi
& pedagogi
- Pendidikan
dasar
- Teknologi
& informasi
3. Ciri utama dari pembelajaran sinkron
adalah:
- Kehadiran
murid dan guru secara bersamaan
- Memastikan
guru dan murid hadir tatap muka
- Penggunaan
teknologi yang minimal mungkin
- Penggunaan
ruang kelas secara optimal
4. Metode yang direkomendasikan pada
pembelajaran sinkron adalah:
- Penguasaan
Materi
- Tugas
Kontekstual
- Proyek
Kolaborasi
- Pemberian
Umpan Balik
5. Kelebihan pembelajaran sinkron
adalah
- Fleksibilitas
jadwal. Murid bisa mengatur jadwal belajarnya secara mandiri.
- Antusiasme
belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
- Tempo
tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
- Umpan
balik instan. Murid bisa mendapatkan umpan balik secara instan, tidak
menunggu respon guru.
6. Kelemahan pembelajaran sinkron
adalah………
- Perasaan
terisolasi. Murid berpotensi merasa sendirian dan terasing dari lingkungan
sekitar.
- Tempo
tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada
guru.
- Penurunan
antusiasme. Murid mungkin mengalami kehilangan semangat belajar.
- Kualitas
bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
7. Ciri utama pembelajaran asinkron
adalah……..
- Memastikan
guru dan murid menggunakan teknologi
- Penggunaan
teknologi secara optimal untuk pembelajaran
- Interaksi
antara guru dan murid yang manusiawi
- Murid
belajar mandiri tanpa tergantung kehadiran guru
8. Metode yang direkomendasikan pada
pembelajaran asinkron adalah:
- Praktik
- Diskusi
kelompok
- Umpan
Balik
- Tugas
Kontekstual
9. Kelebihan pembelajaran asinkron
adalah……..
- Aktivitas
belajar interaktif. Guru bisa melakukan komunikasi interaktif dengan
murid.
- Antusiasme
belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
- Umpan
balik sesuai kebutuhan. Guru bisa melakukan personalisasi umpan balik
sesuai kompetensi murid.
- Tempo
tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
10. Kelemahan pembelajaran asinkron
adalah………
- Kualitas
bahan ajar. Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
- Jadwal
yang kaku. Satu jadwal yang sama untuk semua murid.
- Tempo
tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada
guru.
- Kehadiran
dan kualitas guru. Ketergantungan pada kehadiran dan kualitas guru.
Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar